story
Bagaimana Cara Mengelola Emosi Saat PMS?
Silih Agung Wasesa
Melalui teknologi digital, gennerasi millennial tumbuh kreatif, berinovasi dan membangun perekonomian indonesia, Melalui teknologi digital, gennerasi millennial tumbuh kreatif, berinovasi dan membangun perekonomian indonesia;
Bagaimana Cara Mengelola Emosi Saat PMS?

Jika kamu mengalami kram, kembung, mual dan emosi yang naik turun menjelang menstruasi, berarti kamu adalah salah satu di antara 85 persen cewek yang mengalami gejala Premenstrual Syndrom (PMS).

Jika kamu mengalami kram, kembung, mual dan emosi yang naik turun menjelang menstruasi, berarti kamu adalah salah satu di antara 85 persen cewek yang mengalami gejala Premenstrual Syndrom (PMS).

“Naik turunnya kadar hormon estrogen yang terjadi selama masa PMS lah yang diyakini sebagai penyebab perubahan suasana hati dan gejala PMS lainnya”, ujar Carol Livoti, MD, ginekolog New York. Perubahan suasana hati yang tidak terkendali ini bisa dikelola dengan menerapkan cara-cara berikut, dilansir dari Everyday Health… Yuk langsung simak!

 

Tetap aktif

Selain meningkatkan energi, aktivitas fisik juga bisa memperbaiki suasana hati. Melakukan latihan aerobik, atau jenis latihan yang merangsang kerja jantung seperti jalan-jalan, jogging, atau bersepeda setidaknya 30 menit setiap hari sangat dianjurkan. Dipercaya bahwa endorfin, yakni hormon penurun stres di otak akan dilepaskan saat berolahraga. Hal inilah yang akan melawan beberapa perubahan hormon yang memicu carut-marutnya suasana hati akibat PMS.

 

Perhatikan asupan makanan

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam, gula dan juga lemak yang tinggi untuk membantu mengurangi gejala PMS. Sebagai gantinya, perbanyak asupan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh. Karbohidrat kompleks termasuk juga pemanis buatan berkontribusi pada reaksi kimia dalam tubuh yang menimbulkan fluktuasi emosi.

 

Jauhi minuman yang mengandung kafein dan alkohol

Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau coklat akan menaikkan kadar gula dalam darah sehingga memengaruhi emosi dan suasana hati. Gantilah dengan teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan alkohol yang termasuk ke dalam golongan depresan akan menekan suasana hati, di mana efeknya sama dengan obat penenang.

 

Asupan suplemen

Meredakan gejala PMS juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Mengambil dosis harian 1200 mg kalsium telah terbukti meringankan gejala PMS bagi beberapa cewek. Periset juga menemukan bahwa asam lemak tertentu seperti omega 3 dan asam linoleat yang ditemukan dalam suplemen dapat mengurangi iritabilitas dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan PMS.

 

Lakukan relaksasi

Stres hanya akan membuat gejala PMS memburuk. Untuk mengatasinya, cobalah melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan, dan yoga. Teknik peregangan seperti ini akan membantu relaksasi pikiran dan menenangkan otot persendian yang nyeri. Mengikuti terapi individu atau kelompok juga telah terbukti menjadi pengobatan PMS yang efektif untuk cewek dengan perubahan suasana hati.

Nah, saat kamu sedang mengalami perubahan suasana hati yang tidak menentu saat PMS, segera terapkan langkah-langkah di atas agar gejala ini tidak mengganggu aktivitas haria

another topic.